5 Fakta Terbaru Soal Anak Ridwan Kamil Hilang Saat Berenang di Sungai Aare Swiss

Jagadviral.com
Emmeril Kahn Mumtadz, Anak Sulung Riduwan Kamil
Emmeril Kahn Mumtadz, Anak Sulung Riduwan Kamil

Anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz, hilang saat berenang di Sungai Aare, Swiss. Hingga kini, Emmeril atau yang disapa Eril belum juga ditemukan.

Eril hilang karena terseret arus sungai. Berikut 5 fakta terkini tentang hilangnya putra sulung Ridwan Kamil.

1. Anak Sulung Ridwan Kamil Hilang Terseret Arus Sungai

Anak sulung Ridwan Kamil, Eril hilang ketika berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss, pada Kamis (26/5/2022). Elpi Nazmuzaman, pihak keluarga Ridwan Kamil menjelaskan kronologi kejadian yang menimpa Eril.

“Kronologisnya Eril berenang di Sungai Aare, Bern bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya,” ucap Elpi, saat dikonfirmasi oleh wartawan, Jumat (27/5/2022).

2. Belum Ditemukan Hingga 6 Jam Pencarian

Setelah 6 jam pencarian oleh Tim SAR dan polisi Swiss, Eril belum juga ditemukan. Pencarian sempat dihentikan karena kondisi cuaca yang gelap.

Baca Juga:  Kronologi Penemuan Jasad Eril di Sungai Bern, Swiss

“Kondisi Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Namun pencarian dihentikan sementara karena hari sudah mulai gelap dan rencananya akan dilanjutkan esok pagi,” kata Elpi.

3. Pencarian Eril Dilanjutkan Hari Ini

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI menyebutkan bahwa pihak KBRI Bern sudah berkoordinasi dengan kepolisian Swiss. Faizasyah mengatakan pencarian sudah dilakukan sejak Kamis (26/5) dan dilanjutkan hari ini.

“KBRI Bern telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk proses pencarian,” ujar Jubir Kemlu Teuku Faizasyah saat dimintai konfirmasi, Jumat (27/5/2022).

“Upaya pencarian langsung dilakukan pada 26 Mei dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022,” imbuhnya.

4. Eril Cari Kampus S2 di Swiss

Eril sedang mencari kampus di Swiss untuk dirinya melanjutkan jenjang pendidikan S2. Sebelumnya, Eril merupakan salah satu mahasiswa Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Baca Juga:  Melihat 7 Fakta Sungai Aare Tempat Anak Ridwan Kamil Hilang

Anak sulung Ridwan Kamil diketahui tidak ditemani ayahnya saat ke Swiss. Ridwan Kamil berada di Inggris untuk urusan pemerintahan bersama delegasi dari Pemprov Jawa Barat. Kini, Ridwan Kamil sudah tiba di Swiss pasca mengetahui kabar anak sulungnya hilang.

“Pak Ridwan Kamil sudah, baru tiba dari tugasnya menyusul kemari mendengar berita ini dari London ke Swiss,” kata Dubes RI untuk Swiss, Muliaman D Hadad saat dihubungi, Jumat (27/5/2022).

5. Sungai Aare di Swiss Langganan Tempat Masyarakat Berenang

Sungai Aare, Swiss menjadi lokasi hilangnya anak sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz (Eril). Melansir dari website resmi Kota Bern, Sungai Aare adalah tempat berenang langganan saat musim panas.

Bahkan, berenang di Sungai Aare adalah salah satu kegiatan resmi dalam daftar tradisi Swiss UNESCO. Sungai Aare adalah sungai terpanjang yang mengalir di Swiss dan terletak di Kota Bern, Ibu Kota Swiss. Sungai Aare memiliki panjang 288 kilometer dengan air berwarna biru kehijauan.

Baca Juga:  Kronologi Penemuan Jasad Eril di Sungai Bern, Swiss

Sungai Aare memiliki arti khusus bagi masyarakat Swiss. Saat Abad Pertengahan, khususnya ketika Kota Bern hanya tersebar di bagian bawah semenanjung, Sungai Aare memberikan perlindungan besar dari tentara asing di tiga sisi kota, hingga akhirnya dibangun jembatan tinggi pertama di abad ke-19 dan terdapat banyak cara untuk datang ke Kota Bern.

Namun, berenang di sungai hanya disarankan bagi perenang handal. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya anak-anak harus ditemani orang dewasa dan terus berada dalam jangkauan orang dewasa.

Baca artikel detiknews, “Anak Sulung Ridwan Kamil Hilang di Swiss, Berikut 5 Fakta Sejauh Ini” selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6097569/anak-sulung-ridwan-kamil-hilang-di-swiss-berikut-5-fakta-sejauh-ini.